Ribuan Anak di Peringatan HAN


[ Minggu, 14 Juni 2009 ]

PONOROGO - Hari Anak Nasional (HAN) masih akan diperingati 23 Juli mendatang. Namun, gaungnya sejak kemarin (13/6) sudah terasa. Tidak kurang 1.500 anak-anak turut serta dalam pembukaan peringatan HAN di Pendopo Agung.

Berbagai perlombaan diselenggarakan untuk memeriahkan momen kali pertama yang digelar Kota Reyog ini. Dari bernyanyi lagu anak, melukis, pidato dan mendongeng. Bahkan, juga diadakan perlombaan yang mengasah kreatifitas anak. Seperti pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif) dan menciptakan dolanan tradisional.

Dalam pembukaan peringatan HAN itu, diawali dengan parade drum band dari berbagai taman kanak-kanak (TK). Penampilan dan dandanan yang dikenakan cukup mencuri perhatian. Tidak jarang mayoret menyelinggi dengan atraksi-atraksi kecil. Setelah parade itu, barulah pelepasan balon ke udara oleh Bupati Muhadi Suyono beserta jajaran lingkup pemkab.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di lingkup pemkab tersebut mengatakan peringatan HAN ini sebagai bentuk kepedulian terhadap anak. Tidak perlu dipungkiri, mereka akan menjadi ujung tombak bangsa.

Untuk itu perlu ditingkatkan kreatifitasnya dalam mengembangkan jati diri yang berpaku pada adat dan norma ketimuran.

Menurut dia, pendidikan anak dari tahun ke tahun terus ditingkatkan. Mengingat sebagai investasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. ''Tidak hanya sektor pendidikan, kami juga akan memprioritaskan kesehatan dan perlindungan terhadap anak,'' terang Muhadi.

Bahkan, pihaknya memerintahkan para aparatur pemerintah di bawah naungannya untuk berperan aktif dalam peringatan HAN. Sesuai rencana, puncak peringatan sendiri akan dilaksanakan pada 23 Juli mendatang. ''Untuk memaksimalkan peringatan HAN, seluruh satuan kerja harus melaksanakan kegiatan anak-anak,'' tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Heru Purwanto Kabag Humas dan Protokol. Dikatakannya, dalam rangka HAN kali ini, pemkab akan melaksanakan kegiatan anak-anak mulai 13 Juni hingga 23 Juli mendatang. Dan, rencanannya juga akan menyerahkan berbagai penghargaan dan tropi kepada anak-anak yang sudah menunjukan prestasi membanggakan untuk Kota Reyog. ''Berarti ini suatu trend positif akan kepedulian terhadap dunia anak-anak,'' pungkas Heru Purwanto. (dip/tya/eba)

Comments