Pameran Benda Pusaka di Ponorogo

Masih dalam rangka memeringati hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke 513, Paguyuban Pusaka lan budoyo 'Suro Menggolo' pimpinan Bapak Adam Parikesit dan Dinas Pariwisata Ponorogo menggelar Pameran Pusaka Nusantara.
Acara yang di laksanakan di gedung Bappeda Ponorogo ini, di ikuti kurang lebih 150 pusaka. Sebelumnya panitia mentargetkan peserta hanya 110. Tapi antusias warga Ponorogo dalam mengikuti acara ini sangat besar. Panitia sempat kewalahan dalam menata Pusaka di dalam ruangan ukuran 20 x 10 meter tersebut. Akhirnya Pusaka saling merapat dengan pusaka yang lainnya.
Melihat jumlah peserta seperti ini, Pemerintah daerah Ponorogo akan menggelar Pameran lebih besar lagi pada Grebeg Suro mendatang. "Pusaka-pusaka ini semuanya akan di kemas dalam bentuk katalog buku", lanjut Luhur Karsanto (sekda Ponorogo)
Pusaka yang dipamerkan bernilai seni tertinggi Indonesia, kenapa???
Seni membuat Pusaka khususnya keris mampu membuat kita bingung atau takjub, senjata besi yang mempunyai berat tidak lebih dari 5 Kg tersebut berasal dari logam seberat 20 Kg atau bahkan lebih. "Presiden Soekarno pernah berkata, 'Bangsa kita adalah bangsa Budak'. Logam segitu besarnya hanya cukup di buat untuk pusaka", ujar Adam Parikesit (Ketua Paguyuban)
Pameran ini juga bermaksud untuk proses pembelajaran warga masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai luhur budaya Indonesia. Semoga warga Ponorogo semakin sadar akan peninggalan sejarah nasional ini. Acara berakhir pada tanggal 11 Agustus 2009. Ayo segera saksikan!!!!






Comments

  1. apik-apik tenan...
    maklum barang pusaka ya, trus ahli warisnya harus ikut menjaga kelangsungan budayanya juga lah ya

    ReplyDelete
  2. barang pusakaku ya tak ramut dhewe.... :D

    ReplyDelete
  3. lhadalah..... iki malah barang pusakane Dawan kie sing dadi pertanyaan!@#!&#$(!&$(*

    @Suryaden : hu uh, kita siap ikut serta mejaga dan melestarikan kebudayaan peninggalan sejarah Indonesia....

    ReplyDelete
  4. KERIS ADALAH MILIK INDONESIA!!!
    Peninggalan bersejarah Nusantara Indonesia Raya!!!
    BUKAN PENGAKUAN DARI NEGARA LAIN!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

INDONESIA DANGEROUSLY BEAUTIFUL ....
Besar harapan kami dapat memberikan jembatan untuk dapat saling silaturahmi sesama warga Ponorogo dimanapun berada.
Tinggalkan komentar anda sebagai wujud partisipasi dukungan untuk kami. Terima kasih.