Menikmati suasana pasar malam Ponorogo

Pasar malam adalah sebuah tradisi khas warga Ponorogo setiap tahun. Banyak warga Ponorogo yang berasal dari pelosok kota, berbondong-bondong memenuhi lokasi acara. Bertempat di lapangan alun-alun Ponorogo, suasana lalu-lintas penuh sesak dengan kendaraan roda dua maupun empat. Belum lagi ditambah kemacetan mudik ramadhan.... wah pasti harus bersabar.
Tapi kali ini kami tidak ingin membahas tentang kemacetan atau lalu lintas tersebut, ada yang lebih menarik lagi bila kita memasuki Pasar Malam Ponorogo ini. hmm, ada apa yak didalam???? mari masuk dulu.... :D
berikut photo-photonya. *) Dokumentasi by pardicukup@ponorogozone.com


Padagang Wayang.
Hmmm, untuk wayang kali ini sepertinya berbeda. Kenapa?? wayang dijual bukan berbahan dari kulit. Berwarnakan mencolok, wayang ditata rapi mirip pagelaran wayang sesunggguhnya. Wayang ini berbahan dari karton. Anda dapat menemukan pedagang ini di sebelah selatan alun-alun/panggung utama.

Pedagang Celengan.
Bila anda pernah kecil (hehehehe), tentu tidak asing lagi dengan jualan yang satu ini. Sebuah barang yang berbahan tanah liat ini memenuhi suasana Pasar Malam Ponorogo di sebelah barat. Anda akan menemukan celengan yang berwarna-warni dan beraneka macam bentuk. Ada yang bentuk, kelinci, ayam, kucing, macan, singa, bebek, katak dan masih yang lainnya.

Jajanan JIPANG.
Jajanan yang satu ini dapat anda temukan di salah satu pedagang martabak telur di sebelah barat alun-alun. Biasanya anda mendapati jajanan jipang berbentuk kotak, di pasar malam Ponorogo beraneka macam bentuk. Seperti gambar di atas, berbentuk sepeda.

Pedagang Kacang Godog
Nah loh, makanan yang satu ini cukup populer buat kalangan yang sering begadang atau suka ngemil. Kacang Godog... Terdapat hampir di setiap pedagang martabak telor.

Pedagang Kaos Sablon.
Kepada anda, pecinta kaos berwarna hitam dan design berwarna menarik. Di sini anda bisa mendapatkan bermacam-macam model. Design cukup atraktif dan apa yang sedang menjadi trend saat ini bisa anda temukan.

Pedagang Mainan anak-anak.
Kalau yang satu ini, pasti banyak sekali anda temukan. Selain murah dan banyak pilihan, para pedagang sangat kreatif dalam menawarkan produknya. Misalnya, pedagang balon. Mereka menawarkan produk dengan cara, mendekatkan balon kepada setiap anak kecil yang lewat.


Pedagang Pipa Rokok.
Bagi pecinta Rokok, anda dapat mengurangi efek nikotin ke bibir. Biasanya perokok bibirnya hitam, bila anda memakai pipa rokok efek tersebut akan berkurang.


Pedagang Bunga.
Sekarang mari melihat yang seger-seger, barang ini sepertinya banyak diminati oleh ibu-ibu rumah tangga atau khususnya kaum perempuan. Aneka macam bunga dapat anda temukan disini. Mulai dari bunga melati, mawar, kamboja, gelombang cinta, bonsai dll. Tepatnya berada di sebelah barat alun-alun.

Wahana Kincir Angin.
Seperti tempat hiburan di kota besar atau layaknya di wisata Dunia Fantasi, Pasar Malam POnorogo juga dapat anda temukan wahana Kincir angin. hehehhe...
Keren kan, biar berada di kota kecil pun tetap dapat dinikmati. (photo diambil dari atas wahana Tong Setan)

Pedagang Baso.
Menu makanan ini tentu sudah menjadi pemandangan biasa kepada anda semua. Setiap sore atau siang, anda pasti dapat menemukan makanan yang sering disebut Baso ini.

Pedagang Tahu Petis.

Pedagang Terang Bulan/martabak manis.

Pedagang Martabak Telur.

Pedagang Molen.

Pedagang Onde-onde.

Dari beberapa makanan di atas, biasanya dapat anda temukan dalam satu gerobak. hehehe... Kayak one stop servise deh... haahaaa.. Kalau sudah jualan martabak telur, biasanya jualan martabak manis, molen, onde-onde dan tahu petis.

Pedagang sandal.
Kalau dagangan yang satu ini, seperti menjadi kebutuhan pokok bila hari raya tiba.

Pedagang Topeng Reyog dan anggota...
Sudah bukan menjadi rahasia dunia, kebudayaan reyog merupakan ciri khas kota Ponorogo. Anda pasti akan menemukan pedagang ini setiap ada acara perayaan di kota Ponorogo. Seperti layaknya produk pabrik besar, disini anda dapat memilih produk sesuai dengan tipe/kelasnya. hehehe

Wah, sebenarnya masih banyak banget pilihan dan wahana hiburan di Pasar Malam Ponorogo. Tapi sepertinya kurang profesional nie postingan kami ini. Keingin tahuan anda untuk bisa menyaksikan secara langsung acara Pasar Malam Ponorogo adalah harapan kami.
Selamat datang di Ponorogo.

Comments

  1. wah saya baru kemarin ke alon-alon, cari yang agak sepi he..he.. ;)

    ReplyDelete
  2. tradisi yang tak pernah pudar

    ReplyDelete
  3. hu uh...
    sampai kemarin malam, suasana di alun-alun masih ruame banget...
    Pokoknya, Pasar Malam Ponorogo ini tak pernah ada habisnya....

    ReplyDelete
  4. apa lagi kalo makan sop buntut nih,

    enak banget deh...

    ReplyDelete
  5. Sop, iya nieh.
    Sambil makan Sop pasti tambah sedaaaaapp!!

    ReplyDelete
  6. Ponorogo emang mantabs nieh!!!
    lapangan alun-alunnya luas banget..

    ReplyDelete

Post a Comment

INDONESIA DANGEROUSLY BEAUTIFUL ....
Besar harapan kami dapat memberikan jembatan untuk dapat saling silaturahmi sesama warga Ponorogo dimanapun berada.
Tinggalkan komentar anda sebagai wujud partisipasi dukungan untuk kami. Terima kasih.