Asal-usul Telaga Ngebel

Prosesi Larung Risalah Doa di Telaga Ngebel
Konon cerita yang berkembang di masyarakat, Telaga Ngebel mempunyai cerita unik yang didasarkan pada kisah seekor ular naga bernama "Baru Klinting". Sang Ular ketika bermeditasi secara tak sengaja dipotong-potong oleh masyarakat sekitar untuk dimakan. Secara ajaib sang ular menjelma menjadi anak kecil yang mendatangi masyarakat dan membuat sayembara, untuk mencabut lidi yang ditancapkan di tanah.
Namun tak seorangpun berhasil mencabutnya. Lantas dia sendirilah yang berhasil mencabut lidi itu. Dari lubang bekas lidi tersebut keluarlah air yang kemudian menjadi mata air yang menggenang hingga membentuk Telaga Ngebel. Legenda Telaga Ngebel, terkait erat dan memiliki peran penting dalam sejarah Kabupaten Ponorogo. Konon salah seorang pendiri Kabupaten ini yakni Batoro Kantong. Sebelum melakukan syiar Islam di Kabupaten Ponorogo, Batoro menyucikan diri terlebih dahulu di mata air, yang ada di dekat Telaga Ngebel yang kini dikenal sebagai Kucur Batoro.

Seperti yang telah saya alami beberapa waktu yang lalu, ketika bertemu dengan teman-teman Blogger Loenpia (Semarang). Dalam acara Ambalwarsa Kotareyog.com. Mereka bertanya tentang asal-usul telaga Ngebel, Ponorogo. Saya pun bercerita sama dengan apa yang pernah saya dengar dari nenek moyang. Tak jauh beda dengan cuplikan artikel dari majalah Travel Club diatas.
Ya, saya pun bangga dengan wisata Ngebel yang sangat mempesona tersebut.
Namun, ketika saya sudah bercerita tentang Telaga Ngebel, mereka bilang kok hampir sama dengan asal-usul sebuah danau di Jawa Tengah???

nah, dari sini saya masih kebingungan. Mana yang benar atau cerita sesungguhnya seperti apa???

Saya pun langsung meluncur ke Telaga Ngebel, disana saya mencoba bertanya kepada warga setempat. Saya menanyakan, bagaimana asal-usul Telaga Ngebel ini??? Siapa sesepuh yang masih ada di daerah Ngebel???
Dari 4 orang yang saya temui, mereka kebanyakan kurang mengetahui bagaimana cerita/legenda Telaga Ngebel tersebut.
Sesepuh di Telaga Ngebel pun sudah tidak ada saya temukan untuk mengungkap, bagaimana cerita sebenarnya....

Alhasil, saya hanya pulang dengan menyimpan ribuan misteri tentang Asal-usul telaga Ngebel tersebut.

Mungkin dari anda ada yang mempunyai/mengetahui cerita tentang Asal-usul telaga Ngebel serta prosesi acara yang dilaksanakan di sana??? Mohon sharing di sini.

Asal-usul Telaga Ngebel

Asal-usul Telaga Ngebel ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

11 comments:

  1. saya sendiri belajar tentant asal-usul ngebel, saat waktu smp, dan itupun waktu pelajaran bahasa daerah. ya ceritanya memang begitu, kalau versi lainnya saya belum tahu ;)

    ReplyDelete
  2. Sebuah Telaga yang letaknya di pegunungan, menurut ilmu Fisika pasti disebabkan oleh ledakkan gunung merapi. Kalau di Indonesia atau di pulau Jawa sering ada mitos tentang asal-usul sebuah tempat maupun lokasi, itu merupakan sarana promosi pariwisata.
    Kepercayaan warga sekitar bisa mempengaruhi perkembangan mitos tersebut, sehingga ada sesuatu yang di yakini.
    misalnya, ada penampakkan ular besar muncul dari permukaan telaga dll...

    ReplyDelete
  3. Saya sekarang berada di telaga ngebel bbersama seorang teman yang juga asal ngebel, dia bercerita kalau tentang asal usul telaga ngebel yang tentang baru klinting adalah mitos,, dia juga mengatakan kalau telaga ngebel terjadi karena gunung berapi.. Tentang benar dan tidaknya sulit untuk mencari nara sumber

    ReplyDelete
  4. Saya sekarang berada di telaga ngebel bbersama seorang teman yang juga asal ngebel, dia bercerita kalau tentang asal usul telaga ngebel yang tentang baru klinting adalah mitos,, dia juga mengatakan kalau telaga ngebel terjadi karena gunung berapi.. Tentang benar dan tidaknya sulit untuk mencari nara sumber

    ReplyDelete
  5. nice place bro!

    Mirip dengan cerita asal-usul Rawa Pening, lengkap dengan nama tokoh "Baru klinting".
    well, namanya mitos, biarlah itu menjadi cerita menarik untuk didengar pengunjung2 yg datang.


    Gw sendiri besok berencana ke Telaga Sarangan.
    waktu browsing di GE (google earth) secara tak sengaja menemukan spot ini, ternyata cukup cantik juga.
    sayangnya dikarenakan waktu yg terbatas, rute teman2 besok tidak belok ke Ponorogo.

    maybe someday...



    http://junzxxx.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. asli,,,,,, aq msh bingung???? cerita iang bnr tuch iang mnc ch???

    ReplyDelete
  7. Aq asli blitar ibuku asli ponorogo, klo cerita asal usul telaga ngebel aq jga gak thu, tpi aq slalu menyukai smua mitos asal msh pda jalur yg baik. Klo bru klinting dan sayembara cbut lidi stahuku itu certa rawa pening......! Bnar dn gaknya aq jga kurng thu.

    ReplyDelete
  8. tidak usah dibingungkan... suatu kesamaan cerita(mitos)adalah hal yang wajar... ceritanya sama persis memang...

    ReplyDelete
  9. Cerita Telogo Ngebel ko' mirip2 dengan cerita rawa pening di Jateng lengkap dengan nama tokohnya Baru Klinting. Saya baca waktu SD di buku pelajaran bahasa Indonesia SD kurikulum 1990an cerita itu asal mula terjadinya Rawa Pening, disini kok ceritanya sama, apa lagi di blog sebelah hampir2 sama cuma di belokkan sedikit saja ceritanya, kesanya malah copy paste saja. kalau di Rawa Pening ada sespuhnya yg jadi juru kunci di sana, sekarangpun masih bisa di gali keterangannya dari warga & sesepuh yg di tuakan disana, tepatnya di daerah Banyu Biru dan sekitarnya, Saya lebih percaya kalau cerita itu milik Rowo Pening karena saya lebih dulu mendengar cerita itu dari Rawa Pening bukan dari tempat lain, itu hanya pendapat saya & tentunya saya juga menghormati pendapat2 yang lainya karena kebenaranya juga tidak bisa di buktikan secara ilmiah...

    ReplyDelete
  10. Apik Cak Critane ... Ngebel Tak simpene .... critanya penuh .... legenda

    ReplyDelete

INDONESIA DANGEROUSLY BEAUTIFUL ....
Besar harapan kami dapat memberikan jembatan untuk dapat saling silaturahmi sesama warga Ponorogo dimanapun berada.
Tinggalkan komentar anda sebagai wujud partisipasi dukungan untuk kami. Terima kasih.