Reyog Ponorogo dalam Parade Karnaval Braunschweig di Jerman


Selasa, 16 Februari 2010

Tim Karnaval Indonesia meraih juara pertama untuk kategori tamu mengalahkan 100 peserta lainnya pada Parade Karnaval Braunschweig, yang diselenggarakan di kota Braunschweig, negara bagian Niedersachsen, 14 Februari 2010.

Karnaval tersebut adalah parade aneka busana baik tradisional maupun kontemporer   mengelilingi  kota Braunschweig sekitar 6 km perjalanan .Acara diikuti oleh sekitar 300 group  yang menampilkan tari-tarian dan alat musik menggunakan  truk atau  mobil bak  terbuka didekor unik dan kreatif. Karnaval ini dilaksanakan setiap bulan Februari dan ketiga terbesar di Jerman.  kegiatan tersebut merupakan merupakan pesta rakyat besar terutama untuk menyambut masa Pra-Paskah.


Keikutsertaan Indonesia diisi oleh KJRI Hamburg bekerjasama dengan Perhimpunan Indonesia - Jerman (DIG) Niedersachsen yang juga memanfaatkan kegiatan tersebut untuk memperingati acara peringatan  50 tahun HUT kerjasama sister city Bandung-Braunschweig.

Kendaraan dari peserta  Indonesia didekorasi dengan aneka ornamen, payung, becak disertai dengan 30 penari berpakaian adat Indonesia yang  menampilkan tarian Reog Ponorogo.

Penampilan Reog Ponorogo menarik perhatian para penonton karena pakaian tradisi Indonesia khususnya Jawa merupakan keunikan dan belum pernah disaksikan oleh masyarakat setempat. Penampilan tersebut diisi dengan tari kuda lumping, tari Reog Ponorogo, tari Singabarong, berbagai busana khas Indonesia lainnya dan pemain gong.

 TV terbesar di Jerman Utara, NDR yang menyiarkan acara karnaval Braunschweig secara live, sangat antusias meliput  penampilan Reog Ponorogo. Berita tentang parade karnaval tersebut juga diliput oleh stasiun TV  nasional Sat 1.

Selama parade berlangsung selalu ada interaksi antara penari, pemimpin rombongan dan penonton, sehingga kepuasan para penonton dalam pementasan Reog Ponorogo selalu menjadi perhatian utama. Konjen RI beserta staf KJRI Hamburg hadir untuk memfasilitasi dan memberikan dukungan semangat kepada group Indonesia guna mensukseskan  acara karnaval ini. (Sumber: KJRI Hamburg)

Dokumentasi Braunschweiger Karneval
suasana rombongan Indonesia pada Braunschweiger Karneval.14 Februari 2010 (foto: Dok. KJRI Hamburg)  







Konjen RI (kiri) ketika melihat Kendaraan Rias Indonesia di Braunschweiger Karneval 

Comments

  1. ijin repost ke kaskus...^^
    kemaren saya lihat beritanya di tv..jadi pengen ngepost di kaskus...^^..makasih...

    ReplyDelete

Post a Comment

INDONESIA DANGEROUSLY BEAUTIFUL ....
Besar harapan kami dapat memberikan jembatan untuk dapat saling silaturahmi sesama warga Ponorogo dimanapun berada.
Tinggalkan komentar anda sebagai wujud partisipasi dukungan untuk kami. Terima kasih.