Pawargo Batam Siap Dukung Visit Batam

BATAM- Paguyuban Warga Ponorogo (PAWARGO) Kecamatan Bengkong menggelar pagelaran seni Reog Ponorogo yang di tampilkan pada acara peletakan batu pertama pembangunan pendopo warga Ponorogo Kecamatan Bengkong, Minggu (25/4). Acara yang digelar di lapangan Bengkong Pertiwi tersebut dihadiri Wakil Walikota Batam Ria Saptarika. Acara di kemas dengan menampilkan kesenian ponorogo tersebut disambut antusias oleh masyarakat Bengkong tidak hanya dari  warga ponorogo namun juga masyarakat etnis lainnya yang memenuhi lapangan Bengkong Pertiwi.
Ketua Pawargo Batam Setyo Edi mengatakan warga Ponorogo yang berdomisili di Kecamatan Bengkong berjumlah 500 orang dan tergabung dalam pawargo ranting Kecamatan Bengkong. Setyo menambahkan, warga Ponorogo di Batam pada umunya adalah pekerja di sektor informal di Kota Batam, dikatakannya warga Ponorogo di Batam siap mendukung program Pemko Batam.
“Dengan seni Reog Ponorogo warga Ponorogo siap mensukseskan Visit batam 2010 kapanpun di butuhkan” tutur Setyo.
Pada kesempatan tersebut Wawako juga meletakkan batu pertama pembagunan pendopo pawargo Bengkong. Pendopo ini dimaksudkan selain sebagai sekretariat pawargo juga sebagai tempat latihan dan membina generasi muda melalui seni khususnya seni Reog Ponorogo.
Dalam sambutannya Wawako merasa senang sekali bisa hadir di tengah-tengah warga ponorogo yang ada Kecamatan Bengkong. Ria mengatakan mendengar kata warok , saya teringat dengan buku yang berjudul “Waroq wal Baroq” yang dalam bahasa indonesia artinya  loyalitas dan anti loyalitas. Dengan demikian warok bisa juga diartikan orang yang loyal, disambut tepuk tangan warga ponorogo. Dikatakan Ria rupanya tidak hanya melayu yang identik dengan Islam, budaya reog juga ternyata identik dengan islam.
Atas nama Pemerintah Kota Batam Ria, mendukung pembangunan pendopo ini sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan dan menjaga tradisi seni dan budaya khususnya kesenian Reog Ponorogo. Menurutnya kesenian reog ini sangat menarik karena memadukan unsur seni dan kekuatan pelakonnya. “Saya saja sangat tertarik apalagi wisatawan asing” kata Ria.
(crew_humas/yd)

Comments

  1. Salam untuk pak Wawako Batam Bapak Ria Saptarika...
    Sukses untuk Pawargo Batam

    ReplyDelete

Post a Comment

INDONESIA DANGEROUSLY BEAUTIFUL ....
Besar harapan kami dapat memberikan jembatan untuk dapat saling silaturahmi sesama warga Ponorogo dimanapun berada.
Tinggalkan komentar anda sebagai wujud partisipasi dukungan untuk kami. Terima kasih.