Regenerasi Penari di Kota Ponorogo

Ponorogo - Nampak ratusan orang memenuhi panggung utama Kabupaten Ponorogo (29/04), mereka menyaksikan pagelaran Reyog malam bulan purnama yang diadakan oleh Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (BUPPARPORA) Ponorogo. Acara ini digelar setiap bulan dengan menampilkan penari-penari yang berasal dari Kota Ponorogo. Pada kesempatan ini, pemerintah memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengekspresikan kemampuannya serta bentuk peran serta melestarikan kesenian tradisional.
Diawal sebelum tari Reyog ditampilkan, biasanya penonton akan dihibur oleh penari cilik. Mereka adalah siswa-siswi Taman Kanak-kanak Ponorogo. Perpaduan antara lucu, gemes, mereka tetap menari dengan kemampuannya. Dengan cara seperti ini, regenerasi penari tradisional akan terus bertambah. Sehingga kesenian ini tidak akan berhenti di tengah jalan.
Tak mau ketinggalan, penari-penari tingkat SD dan SMP pun ikut andil dari pagelaran Reyog Bulan Purnama ini. Pada tahapan ini, penari merupakan hasil saringan dari tingkat Taman Kanak-kanak. Hampir di semua sekolah menengah pertama (SMP) di Ponorogo telah menerapkan pelatihan menari kepada siswa-siswinya, hal ini terbukti dengan peserta yang tampil di setiap bulannya selalu bergantian.
Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), jumlah penarinya sedikit menurun. Mungkin dikarenakan bertambahnya umur para penari tersebut. Tapi hal ini bukan menjadi sebuah masalah besar bagi Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (BUPPARPORA) Ponorogo, pelatihan tari-menari di sekolah-sekolah tetap dilaksanakan.Peran serta pihak terkait (sanggar tari) TETAP DI UTAMAKAN demi KELESTARIAN SENI DAN BUDAYA INDONESIA.


Regenerasi Penari di Kota Ponorogo

Regenerasi Penari di Kota Ponorogo ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

5 comments:

  1. wah, kalau yang ini saya belum lihat juga e pak! support for ponorogo development. .

    ReplyDelete
  2. salut! semoga makin suskes acaranya!

    ReplyDelete
  3. @Lambang, Ya mbok disempatke ndelok kabudayan koyo ngene iki... ojo mung ndelok konser wae...

    @Free Font, Amien... semakin banyak generasi penerusnya...

    Jidat, kapan kie bolo2 diajak ndelok bareng pentas reyog bulan purnama???

    ReplyDelete

INDONESIA DANGEROUSLY BEAUTIFUL ....
Besar harapan kami dapat memberikan jembatan untuk dapat saling silaturahmi sesama warga Ponorogo dimanapun berada.
Tinggalkan komentar anda sebagai wujud partisipasi dukungan untuk kami. Terima kasih.