Wayang ke Perancis, Reyog ke China

DUA TIM KESENIAN WONOGIRI BERANGKAT KE PERANCIS DAN CHINA
Kabupaten Wonogiri makin mengukuhkan diri sebagai kabupaten dengan pusat kebudayaan. Hal tersebut dibuktikan dengan memberangkatkan dua tim kesenian dari Wonogiri ke luar negeri. Kedua tim tersebut dipersiapakan untuk membawa misi kesenian ke negara Perancis dan China.

Dua tim tersebut, di bawah arahan Bupati Wonogiri H. Begug Poernomosidi, melakukan persiapan akhir sekaligus berpamitan di pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (26/5) siang. Menurut Waluyo, S. Sos, Kabag Humas Setda Wonogiri, tim pertama yang akan berangkat ke Perancis, beranggotakan tujuh seniman wayang dengan dalang Ki Widodo Wilis Prabowo, S.Sn.

“Tim pertama ini akan berangkat ke Perancis awal bulan Juni 2010. Mereka diundang oleh Kedutaan Besar (Kedubes) RI di Perancis untuk mengadakan pementasan wayang kulit tiga minggu hingga satu bulan,” kata Waluyo.

Ditambahkan, tim kedua yang, terdiri atas 20 penari Reog Ponorogo, akan mengadakan pentas budaya di World Expo 2010 di Shanghai, China mulai 23 Juli hingga 9 Agustus 2010. “Keberangkatan tim kedua ini merupakan penunjukan dari Kementerian Perdagangan RI yang memilih Jawa Tengah untuk menjadi wakil di acara itu, kemudian Jawa Tengah memilih Wonogiri untuk menampilkan Reog Ponorogo.”

Dalam sambutannya, Bupati meminta agar kedua tim dapat menunjukkan penampilan yang apik dan maksimal di negara-negara tersebut. “Karena selain membawa misi kesenian, kita datang juga untuk membawa nama bangsa Indonesia di pentas dunia, juga membawa nama Wonogiri, yang sudah terkenal di belahan dunia ini bahwa kita kaya akan kebudayaan. Tentunya kita juga tidak mau kalah dengan kebudayaan negara lain.” sumber

Comments