Netralitas PNS Ponorogo Dipertanyakan

Ponorogo, zonaberita.com - Netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, patut dipertanyakan menjelang pelaksanaan Pilkada 4 Juli 2010 mendatang. Ini menyusul dugaan adanya kegiatan Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Ponorogo, yang diduga mengelolah polling dukungan dari masyarakat melalui barter koran lokal yang jumlahnya mencapi ribuan eksemplar.

Apalagi, dua cabup (calon Bupati) Ponorogo Tahun 2010-2015 merupakan incumbent. Yakni Muhadi Suyono masih tercatat sebagai Bupati Ponorogo dan salah seorang rival politiknya, Amin masih menjabat sebagai Wakil Bupati Ponorogo periode 2005-2010.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, pengelolaan polling itu, sudah berlangsung lama. Akan tetapi, diduga baru mencuat sejak beberapa pekan terakhir ini. Yakni polling yang ditukar dengan ribuan eksemplar koran untuk mengunggulkan salah satu pasangan calon. Selanjutnya, digunting dan disebarkan ke bagian PNS dan masyarakat umum lainnya.

Ketua Panwas Pilkada Ponorogo, Arif Supriyadi mengaku belum menerima laporan mengenai dugaan pengelolaan polling tersebut. Menurut lelaki berambut panjang dan berkuncir ini, pihaknya akan segera mengklarifikasi ke sejumlah bagian terkait di lingkungan Pemkab Ponorogo. “Kami belum dapat laporannya, tetapi kalau memang ada unsur kesengajaan, jelas itu menyalahi aturan. Sebab, mereka adalah PNS dan tidak diperbolehkan mendukung membuat opini atau mala menjadi tim sukses pasangan tertentu,” terangnya, Selasa (15/6/2010).

Hal senada diungkapkan pengamat politik lokal Ponorogo, Agung Adi Liyanto, menurutnya, dugaan adanya pengelolaan poling yang dilaksanakan bagian Humas dan Protokoler itu, jelas menyalahi aturan. Sebab, mencederai proses demokrasi di Ponorogo. Apalagi, yang terlibat kalangan PNS. “Seharusnya cepat dihentikan kalau memang kenyataannya seperti itu. Sebab, akan menyederai pendidikan politik dan menyebabkan pelayanan umum terganggu,” tegasnya.

Terpisah, Kabid Humas Pemkab Ponorogo, Budi Setyono mengaku tidak ada pengelolaan polling. Menurutnya, pihaknya hanya memasukkan berita yang dibarter dengan koran. “Bukan polling mas, hanya berita yang ditukar koran,” katanya.

Pilkada Ponorogo, 4 Juli 2010 mendatang bakal diramaikan 3 pasangan kandidat, diantaranya Muhadi Suyono-Yusuf Pribadi yang diusung koalisi PKB, PDI Perjuangan, dan PKS. Amin-Yuni Widyaningsih diusung Partai Golkar, dan pasangan Suprianto-Nyamut Saseno diusung koalisi Partai Demokrat dan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB).

Muhadi Suyono kini masih menjabat sebagai Bupati Ponorogo. Sedangkan, Amin masih menjabat sebagai Wakil Bupati Ponorogo. Serta Yusuf Pribadi, mantan Kepala Dinas Industri, Perdagangan, dan Koperasi (Indakop) Pemkab Ponorogo. (aya/isp)

Comments