Reog Ponorogo Sambut Bupati Pada Acara Hari Kesatuan Gerak PKK di Pangkatan

RANTAUPRAPAT, ML : Kesenian tradisional Reog Ponorogo menjadi acara pembuka penyambutan Bupati dan Unsur Pimpinan Daerah Labuhanbatu pada acara peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-9 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-40 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang dipusatkan di Lapangan Bola Kaki Sidorukun, Desa Sidorukun, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (8/5-12) sore.
Bupati dan Unsur Pimpinan Daerah Labuhanbatu foto bersama Tim Kesenian Reog Ponorogo pada acara BBGRM ke-9 dan HKG PKK ke-40 di Desa Sidorukun Kecamatan Pangkatan.Tampak juiga Wakil Bupati, Plt Kaban Pemerintahan Masyarakat Desa/Kelurahan dan Camat Pangkatan.
Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah dan pemberian bantuan dari Pemkab Labuhanbatu kepada Pengurus PKK Kecamatan dan Kepala Desa se-Kabupaten Labuhanbatu yang berprestasi.


Bupati dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD dalam bimbingan dan arahannya mengajak seluruh ibu di daerah ini untuk membawa Balitanya ke Posyandu. Dengan membawa anak ke Posyandu akan diketahui perkembangan kesehatan anak tersebut setiap bulannya. Di Posyandu juga anak akan mendapatkan pelayanan immunisasi yang tujuannya meningkatkan kekebalan anak tersebut terhadap penyakit. “Ayo bawa anak ke Posyandu”, ajak Tigor.

Pada bagian lain Tigor mengatakan, peringatan BBGRM ke-9 dan HKG PKK ke-40 yang dilaksanakan ini sangat tepat, yaitu sebagai upaya peningkatan kegiatan masyarakat yang bergerak dalam bidang kebutuhan dasar masyarakat, baik ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta pembangunan prasarana dan sarana yang kita laksanakan saat ini.

Untuk itu, kata Tigor, pemerintah senantiasa menghargai setiap semangat gotong royong masyarakat dalam pembangunan. “Secara pribadi saya merasa bangga atas peran aktif masyarakat dalam pembangunan, terutama yang dilaksanakan oleh masyarakat bersama segenap unsur kelembagaan pemerintah desa dan lembaga kemasyarakatan yang ada, seperti LPMD, PKK dan Karang Taruna”, ujar Tigor.

Tigor juga berharap kepada dewan penyantun Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Tingkat Desa/Kelurahan kiranya memberikan bimbingan, bantuan dan memfasilitasi setiap kegiatan PKK, sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa secara bertahap dan berkelanjutan guna mewujudkan hari esok yang lebih baik.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila TP Siregar SpTHT dalam sambutannya mengajak seluruh kader PKK untuk introspeksi atau mawas diri, mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan oleh PKK selama setahun ini. Kemudian, apa keberhasilan yang telah dicapai, apa masalah dan hambatannya, bagaimana solusi yang dibuat untuk selanjutnya kita jadikan tonggak agar melangkah lebih baik lagi pada tahun berikutnya.

Fitra Laila juga mengatakan, gerakan PKK sebagai wadah aktivitas social kemasyarakatan bagi keluarga, memiliki sejarah perjalanan yang panjang. Selam 40 tahun pelaksanaan gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan bangsa, ternyata telah menunjukkan keberhasilan yang mendapat pengakuan dan penghargaan dari lembaga-lembaga nasional maupun internasional.

Demikian juga dengan pernyataan Bapak Presiden SBY pada puncak peringatan HKG ke-39 dan BBGRM ke-8 tahun 2011 yang lalu, beliau mengatakan jangan remehkan PKK, Presiden mendukung 100 % program PKK dan PKK walaupun tidak digaji telah bekerja dengan professional dalam mendukung kesejahteraan keluarga.

Hal ini, kata Fitra Laila, tentunya mengandung makna bahwa eksistensi gerakan PKK telah diakui oleh Kepala Negara, sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan.

Sebelumnya Plt Kaban Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan yang juga selaku ketua panitia penyenggara, Drs Karlos Siahaan, dalam laporannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan peringatan adalah untuk meningkatkan semangat gotong royong masyarakat dalam pembangunan desa/kelurahan berdasarkan azas kebersamaan dan keanekaragaman.

Disamping itu juga untuk meningkatkan persatuan, kesatuan dan kebersamaan diantara masyarakat. Meningkatkan kemitraan diantara masyarakat dengan pemerintah desa/kelurahan dan kabupaten Labuhanbatu dalam pelaksanaan pembangunan. Sementara sasarannya adalah kegiatan gotong royong di bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan di bidang lingkungan.

Karlos Siahaan yang juga Asisten Pemerintahan Setdakab Labuhanbatu itu juga menyampaikan, bahwa dalam rangka pelaksanaan kegiatan itu telah dilaksanakan berbagai lomba, sosialisasi dan penyuluhan, seperti lomba desa terbaik percontohan 10 program pokok PKK, pemberian penghargaan kepada kader PKK yang telah mengabdi 15-25 tahun tanpa terputus, lomba penyuluhan KDRT, penyuluhan 20 program pokok PKK, lomba cipta menu PMT, volley ball, lomba Posyandu terbaik, dasa wisma terbaik dan lomba sekolah PAUD.

Camat Pangkatan Drs H Ikramsyah Putra Nasution dalam sambutannya menyampaikan, bahwa selama pelaksanaan kegiatan BBGRM ke-9 dan HKG PKK ke-40 senantiasa mendapat dukungan dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat.

Pada kesempatan itu Ikram menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi terhadap penyelenggaraan kegiatan yang di pusatkan di Desa Sidorukun tersebut.(AR).

Comments