Ponorogo mendapat Adhipura dan Adhiwiyata 2012

Bupati Amin saat menerima Adipura dari Presiden SBY.
Untuk ke-lima kalinya Kabupaten Ponorogo meraih penghargaan di bidang kebersihan untuk kategori kota kecil. Sebagai kota kecil di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Ponorogo mampu meraih prestasi dalam ajang tahunan. Tidak hanya meraih penghargaan Adipura, kota reyog Ponorogo juga menorehkan prestasi dengan diterimanya anugerah sekolah Adiwiyata yang dalam hal ini diterima SMK Negeri 1 Jenangan. Anugrah adiwiyata ini 1 dari 4 piala yang diterima SMK di Wilayah Provinsi Jawa Timur. 

Penyerahan berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta, bersamaan hari lingkungan hidup sedunia, hari Selasa tanggal 5 Juni 2012 kedua penghargaan tersebut diterima langsung oleh H. Amin, SH selaku Bupati Ponorogo dan Drs. Nurdianto, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Jenangan.
Dengan mengambil tema Ekonomi Hijau: Ubah perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan. Yang artinya Pentingnya melakukan paradigm dan juga perilaku kita untuk selalu mengambil setiap kesempatan dalam mencari informasi, belajar dan melakukan tindakan demi melindungi dan mengelola lingkungan hidup.Ekonomi hijau ini memiliki 4 unsur yaitu Pengentasan kemiskinan, Pekerjaan yang layak, Pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, internalisasi lingkungan dalam semua aktivitas pembangunan.

Keberhasilan Kabupaten Ponorogo dalam meraih 2 penghargaan tersebut tidak lepas dari peran serta dan kerja keras semua pihak baik itu pemerintah, satuan kerja, petugas kebersihan dan tidak ketinggalan masyarakat Ponorogo sejak dimulainya penilaian pada awal tahun. Oleh sebab itu semua yang telah dilakukan dengan bahu-membahu pada akhirnya membuahkan hasil, Kabupaten Ponorogo meraih penghargaan Adipura. Tetapi dengan penghargaan Adipura yang telah diraih bukan merupakan tujuan utama Pemerintah Kabupaten Ponorogo akan tetapi Pemerintah Kabupaten Ponorogo berusaha meningkatkan dan memaksimalkan kebersihan dan keindahan Kabupaten Ponorogo sehingga pada tahun-tahun mendatang penghargaan tersebut bisa diterima lagi oleh Kabupaten Ponorogo.

Anugrah adipura tahun 2012 ini diberikan kepada 125 Kabupaten/Kota se Indonesia. Dengan Kategori : Adipura kencana 2, Kota Metropolitan 9, Kota besar 4, Kota sedang 35 dan Kota Kecil 77. Untuk Kabupaten Ponorogo menempati urutan ke 10.Untuk meluapkan kegembiraan Seluruh Warga Ponorogo maka Anugrah Adipura dikirab keliling Kota ponorogo Jum’at 8 Juni 2012. (Humas Pemkab)

Comments