Hari Keluarga XIX Kabupaten Ponorogo

Bupati Amin dan Wakil Ida
Keluarga sebagai pusat kekuatan pembangunan sangat berperan dalam meningkatkan kehidupan anggotanya agar sehat secara rohani dan jasmani, berpendidikan, kehidupan beragama yang mantap serta keadaan ekonomi yang kuat. Peringatan hari keluarga XIX tahun 2012 pada hari Kamis, 5 Juli 2012 yang berpusat di Kecamatan Pulung dengan mengambil tema dengan semangat hari keluarga kita bangkitkan program kependudukan dan keluarga berencana mempunyai maksud dan tujuan untuk menimbuhkan dan meningkatkan kesadaran anggota keluarga agar selalu berupaya memperbaiki kualitas kehidupannya sehingga akan terbentuk keluarga yang lebih tegar, tangguh dan mandiri serta meningkatkan komitmen politis pemerintah dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di bidangkependudukan dan keluarga berencana guna mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dan berkualitas.
Kepala Badan KB Kabupaten Ponorogo Drs. Adri Susilo dalam laporannya menyatakan kegitan yang sudah dilaksanakan dalam rangka hari keluarga XIX Kabupaten Ponorogo Tahun 2012 antara lain lomba bola volley plastik, lomba bulu tangkis, pelayanan IUD, jalan sehat serta sujud syukur. Selanjutnya kegiatan yang dilakukan pada hari ini adalah road show program kependudukan dan KB, pelayanan pemasangan kontrasepsi, bhakti sosial, donor darah, sarasehan, pameran produk unggulan, penyerahan laparascopy, serta penyerahan bantuan alat tehnologi tepat guna. Selain itu pretasi dan penghargaan yang diraih Kabupaten Ponorogo baik ditingkat nasional maupun di tingkat Provinsi adalah :
  1.  Penghargaan manggala karya kencana
  2. Juara nasional pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan
  3. Juara nasional puskesmas dalam pencapaian KB metode kontrasepsi jangka panjang
  4. Juara 1 Provinsi penyuluh KB
  5. Juara 1 Provinsi duta mahasiswa
  6. Juara 1 Provinsi keluarga harmonis
  7. Juara 1 Provinsi kader BKB
  8. Juara 3 Provinsi peserta KB lestari 10 Tahun
  9. Juara 3 Provinsi kelompok BKL, serta
  10. Juara 3 Provinsi bidan praktek swasta
Pada kesempatan tersebut Bupati Ponorogo H. Amin, SH mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Ponorogo yang telah mendukung kegiatan tersebut sehingga kabupaten Ponorogo dapat berprestasi di tingkat Nasional. Selain itu Bupati berharap pembentukan karakter sejak dini adalah suatu upaya dalam membina agar anak mempunyai kepribadian yang matang dan mampu membangun keluarga harmonis berdasarkan cinta kasih yang sejati. Penerapan penanaman nilai moral dalam keluarga dilaksanakan melalui 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan, ekonomi dan lingkungan. Dengan penerapan 8 fungsi keluarga tersebut akan terbentuk keluarga-keluarga yang lebih tegar dan tangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan serta persaingan yang semakin keras dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. (Humas Ponorogo)

Comments