DKI dua kali juara umum berturut-turut FRN

Penampilan terbaik FRN XIX
JAKARTA (Suara Karya): Kontingen DKI Jakarta meraih juara I dalam Festival Reog Nasional Ke-19 di Ponorogo, Jawa Timur, yang berlangsung pada 11-14 November 2012 dan diikuti lebih dari 53 grup reog se-Indonesia. Ini merupakan kesekian kalinya DKI merebut juara dalam Festival Reog Nasional.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman mengungkapkan hal itu pada Kamis (22/11). "Kontingen reog ponorogo DKI beberapa kali mengikuti festival itu dan mendapat predikat juara umum. Bahkan tahun 2011 mendapatkan piala bergilir Presiden RI," ungkap Arie Budhiman dalam penjelasannya kepada Gubernur DKI dan Sekdaprov DKI.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Drs H Sumarno mengungkapkan, piala juara I 2012 Festival Reog Nasional itu diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur H Soekarwo pada penutupan acara 14 November malam di Kabupaten Ponorogo, dengan tuan rumah meraih juara II.

Menurut Sumarno, sukses itu adalah bukti pembinaan bermacam kesenian daerah yang ada di Ibu Kota dilakukan dengan serius oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Tanpa pembinaan, tidak mungkin meraih prestasi yang signifikan. "Jadi, bukan seni budaya Betawi saja," ujarnya.
Didampingi Kepala Seksi Komunitas Andhika Permata, Sumarno menjelaskan, di DKI ada 97 grup reog ponorogo yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Sementara Kasudin Kebudayaan Jakarta Timur Husnison Nizar mengakui, kesenian reog di wilayahnya juga berkembang pesat.
Pengamat budaya dan pariwisata Jakarta, Abu Galih, menegaskan, kesenian reog sudah sejak dahulu tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai ke Malaysia. Namun, festival semacam itu membuktikan betapa kesenian tersebut benar berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Sulit negeri lain untuk mengklaim sebagai tempat asal kesenian reog. (Dwi Putro AA)

Comments