Piyu main Guitar di atas Reog Ponorogo

Piyu main Guitar di atas Reog Ponorogo saat Di lap Makodam V brawijaya surabaya by @dewinurcahyani
Pertunjukan kesenian bertajuk “Srawung Seni Rakyat, Sang Brawijaya” sukses digelar pada Sabtu, 21 Desember. Meski hujan mengguyur sejak siang hari, tak mengurangi jalannya pementasan di Lapangan Makodam V Brawijaya.

Hujan belum mau reda hinga menjelang isyak, sampai Piyu naik panggung untuk memulai acara hiburan setelah isoma pada pukul 19.00 WIB malam. Aksi gitarist Piyu “Padi” begitu memukau dengan kehebatannya memetik gitar, diiringi musik Perkusi Kuntulan Banyuwangi dan Musik Daul Madura. Tak hanya itu Piyu bermain gitar sambil naik di atas kepala Reog Ponorogo.

Baca juga: Agnes Monica bikin penggemarnya menangis histeris di Makodam dan Pangdam beri penghargaan 7 seniman tradisional, agar tetap eksis

Penonton masih terlihat sepi. Lapangan Makodam V Brawijaya masih tampak melompong. Hingga waktu lewat pukul 20 WIB, hujan perlahan berhenti, ketika Ratna Listy naik ke atas panggung. Lagu “Kereta Malam dan Buka titik Jos,” dinyanyikan olehnya sebagai pembuka cerita ludrukan “Sarip Tambak Oso”.

Ludruk yang dimeriahkan oleh Cak Kartolo CS, bersama Renny Djajoesman dan Ratna Listy ini menceritakan tentang kisah heroik, seorang bernama Sarip dalam melawan penjajah Belanda, yang melegenda di Surabaya.

“Saya berperan jadi penjual warung. Nah, Ratna Listy nanti jadi anak Saya. Nanti ceritanya, Sarip dibunuh Paidi di warung saya,”cerita Renny Djajoesman saat ditemui LICOM sebelum pentas.

Renny mengaku tidak ada latihan khusus dan intensif dalam persiapan pementasan kali ini. “Gak pakai latihan, cuma dikasih plot sama Heri Lento selaku sutradara dan penulis cerita,” terang perempuan yang juga sebagai Event Organizer “Renny Djajoesman Enterprise” dalam acara ini.

Walaupun tanpa latihan, kolaborasi para seniman itu sangat menghibur penonton yang semakin banyak berdatangan. Selain itu mereka juga mampu menghangatkan suasana lewat celotehan jenaka dialog Suroboyo-an dan berhasil mengundang tawa sekaligus tepuk tangan penonton.

Hingga waktu menujukkan lewat dari pukul 21.00 WIB, saatnya sang diva Agnes Monica, naik ke atas panggung. Penonton semakin ramai memadati lapangan Markas TNI AD Jawa Timur itu.

Akhir acara, pertunjukan ditutup oleh penampilan kolaborasi seluruh artis dengan menyanyikan lagu wajib berjudul ‘Suroboyo’.

Parade seni rakyat ini merupakan puncak acara dalam memperingati HUT TNI 65 Kodam V Brawijaya dan Hari Juang Kartika TNI AD.@syska_liana


Comments