Penemuan Relief Pandawa di Ponorogo

Aris Yudi Santoso dari Tim Cagar Budaya Ponorogo : "Penemuan ini luar biasa. Bisa jadi relief wayang yang terukir di atas batu ini satu-satunya yang pernah ditemukan di Indonesia. Karena selama ini kami belum pernah menemukan atau mendengar ada penemuan seperti ini," Foto : nur prihantono/bangsaonline.com
PONOROGO - Warga di Dusun Pelem Gurih, Desa Jenagan, Kec Jenangan Kabupaten Ponorogo menemukan sebuah batu yang diduga sebagai cagar budaya. Batu yang terdapat ukiran relief wayang tersebut diperkirakan peninggalan peradaban Mataram Hindu, sekitar abad 9-10 Masehi.

Batu yang kabarnya sempat dijadikan punden yang disakralkan warga setempat sempat menghilang cukup lama.Hingga saat warga melakukan kerja bakti untuk pembuatan jalan batu tersebut di ketemukan kembali oleh salah seorang warga dengan kondisi tertutup semak belukar. 

"Temuan akhirnya segera dilaporkan ke dinas terkait,” terang Kepala Desa Jenangan Toni Ahmadi Menanggapi laporan warga, Kasi Sejarah, Budaya dan Nilai-nilai Tradisional Dinbudparpora Kabupaten Ponorogo yang dipimpin oleh Drs Sugeng Priatmoko langsung melakukan peninjauan kelokasi untuk memastikan kebenaran laporan tersebut. Dia mengatakan, pihaknya masih sebatas melakukan peninjauan.

Untuk melakukan penilitian lebih lanjut Sugeng juga akan segera melaporkan kepada pihak BPCB Trowulan, agar segera menurunkan arkeolog.

”Kalau ada kesepakatan dari pihak Desa akan ada upaya penyelamatan dengan memindahkanya ke Balai Penyelamatan Benda Cagar Budaya Kab Ponorogo di Jalan Ukel, Kelurahan Kertosari, Ponorogo,” kata Sugeng Priatmoko.
________________________________________________________________________________
Disadur dari : bangsaonline

Comments