Ponorogo, 18 Rumah Tertimbun Longsor


Pembersihan longsoran di jalan, foto by: surya/sudarmawan
BERITA PONOROGO : Sejumlah warga dan anggota Koramil Sawoo membersihkan material longsoran di jalan antar desa dan antar kecamatan di Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo yang tertutup tanah longsor, Jum'at (27/03/2015).

Hujan deras beberapa jam mulai siang hingga tengah malam Mengakibatkan bukit setinggi 3 meter ambrol dan menerjang jalan dan perumahan penduduk setempat, serta 18 rumah warga tertimbun longsoran. Diantaranya Dusun Ngengor menimbun 1 rumah, Dusun Duwet 1 rumah, Dusun Gondang 1 rumah, dusun Sumber 5 rumah, serta Dusun Salam ada 10 rumah warga yang rusak diterjang longsor.
 
Kepala Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Murniati menjelaskan ke 18 rumah warganya yang rusak diterjang longsor itu ada berbagai tingkat kerusakan yakni mulai ringan, sedang dan berat. Alasannya, ada yang temboknya jebol, bangunan rumah miring (doyong) hingga ambrol.

"Tetapi, kondisi rumah terparah milik Pak Manis dan Pak Sumarji, warga Dusun Salam. Rata-rata kerugian yang di alami ke 18 KK yang rumah nya diterjang longsong variatif hingga 15 juta." imbuhnya

Longsoran yang juga menutup jalan antar desa dan antar kecamatan, mengakibatkan arus lalu lintas tertutup total. Material longsor yang cukup padat dan tinggi, menyusahkan proses pembersihan.

Sementara itu, peristiwa bencana tanah longsor itu, kata Muniati sudah dikoordinasikan langsung ke Camat, Polsek, dan Koramil Sawoo sekaligus ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Ponorogo agar membawa bantuan untuk 18 KK rumah warga yang diterjang longsor.


Disadur dari: suryaonline.co.id

Comments