Koramil Renovasi Rumah Penduduk Miskin Tak Layak Huni

Istirahat usai membenahi rumah mbah Sarbin . foto by: suarakumandang
Tak tanggung-tanggung rumah milik seorang kakek yang saat ini kondisinya sudah sakit parah disulap menjadi rumah yang layak huni, kurang lebih satu bulan lamanya warga Pomahan dusun Krajan dan Koramil Pulung telah melakukan renovasi rumah milik Sarbin (70) warga Dusun Krajan, Desa Pomahan RT.2, RW.1, Kecamatan Pulung.

Sebelum ada bantuan dari TNI Koramil Pulung rumah Sarbin masuk katogori sangat tidak layak huni. ”Sebelum adanya bantuan dari para bapak-bapak tentara rumah mbah Sarbin ini bisa dikatakan seperti kandang ayam bahkan tidak layak huni,”jelas Budi Santoso ketua RT 2 Pomahan Krajan.

Kondisi mbah Sarbin juga sangat memprihatinkan, saat ini mbah Sarbin mantan pemain reog kesenian Ponorogo hanya mampu berbaring di kamar tidur dengan sekujur tubuhnya membengkang karena sakit yang belum diketahui penyakitnya.

Warga silih berganti dalam membantu pembenahan rumah mbah Sarbin. Seperti Salam tetangga mbah Sarbin bila meski tak setiap hari membantu, namun setiap longgar setelah menyelesaikan pekerjaan di sawah, Salam selalu membantu.”Sayakan juga punya pekerjaan rumah, ya kalau saya pas tidak ada kerjaan pasti saya bantu, entah itu hanya sekedar membantu angkat-angkat material” ungkapnya kepada suara kumandang.

“Jujur ae mas, saya pribadi kasihan melihat kondisi mbah Sarbin, kalau saya menilai mbah Sarbin memang layak dibantu untuk pembenahan rumah,”terangnya.

Sesuai keterangan dari Budi ketua RT 2 mbah Sarbin mempunyai anak semata wayang yang saat ini tinggal di Surabaya bersama keluarganya. Sedangkan Mbah Sarbin sendiri tinggal bersama Bagus cucunya berumur 17 tahun.

Karena himpitan ekonomi bagus yang mempunyai tinggi 170 cm belum merasakan di bangku SMP. Saat ini kedua orang tuanya tinggal di Surabaya, pulang setahun sekali pas hari raya saja “Bagus itu anaknya tinggi, gagah, pinter, tapi sayang, sekolahnya hanya sampai di SD,” kata Pamuji jogoboyo Pomahan Krajan.

Rumah mbah Sarbin sekarang sudah hampir selesai. Bagus sendiri sangat berterima kasih kepada warga Krajan Pomahan, khususnya koramil Pulung yang telah membantu memperbaiki rumah kakeknya. “Yang jelas saya senang, karena rumah kakek saya telah diperbaiki, saya matur nuwun sama warga sini dan pak tentara yang telah memperbaiki,”ungkapnya usai mengaduk semen..

Sementara hasil kegiatan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) yang dilakukan para prajurit TNI bersama-sama komponen masyarakat berharap dapat mengentaskan kemiskinan khususnya di wilayah Jawa Timur.


Disadur dari: suarakumandang.com

Comments