Pilkada Ponorogo, Demokrat Pastikan Sendiri

Ketua DPP Partai Demokrat Sartono Hutomo, foto by : kabarindonesia

Pemilhan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak dilaksanakan 9 Desember mendatang, dalam hal ini Ketua DPP Partai Demokrat Sartono Hutomo secara tegas menjelaskan bahwa partainya akan memprioritaskan mengusung kader sendiri dalam Pilkada serentak tersebut.

Disela-sela mengunjungi Pabrik Minyak Kayu Putih dan Gondorukem di Kawasan Perhutani Sukun, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Anggota Komisi VI DPR RI tersebut menegaskan bahwa Partai Demokrat siap menjalani pilkada secara langsung oleh rakyat. “Terus terang kami siap untuk mempersiapkan kader-kader kami, mengutamakan kader sendiri tanpa meninggalkan faktor kapasitas dan popularitasnya, termasuk dalam Pilkada Ponorogo nanti,” kata Sartono Hutomo, Senin (4/5/2015.)

Meskipun Demokrat pernah menjadi ‘sasaran tembak’ karena seolah membiarkan pilkada dikembalikan ke DPRD, namun Partai Demokrat menekankan sesungguhnya tidak pernah memiliki ide atau rencana mengganti pilkada langsung oleh rakyat menjadi melalui DPRD.

Pihaknya juga meminta seluruh kader menjadikan Pemilu 2019 sebagai sasaran utama partai. Sedangkan Kongres III Partai Demokrat yang akan berlangsung 11-13 Mei mendatang menurutnya merupakan langkah untuk menyongsong tujuan utama tersebut.

Secara khusus Sartono menegaskan dalam semua Pilkada nanti kalau memungkinkan mengutamakan kader sendiri dalam Pilkada. Bahkan ia tidak menampik jika dalam Pilkada Ponorogo nanti akan memberangkatkan Sugiri Sancoko sebagai Calon Bupati (Cabup) Ponorogo lima tahun mendatang. 

“Tapi semuanya masih dalam proses dan yang jelas di internal Partai Demokrat, nama Sugiri Sancoko dalam beberapa survei menempatan urutan pertama sebagai Cabup dalam segi apapun, baik elektabilitas, kapabilitas, kemampuan dalam segala bidang dan kriteria lainnya. Menurut pria yang sudah menjadi pengurus Partai Demokrat sejak tahun 2002 tersebut, pihak DPP Partai Demokrat akan sekuat tenaga memperjuangkan dan mengamankan kadernya yang akan maju Pilkada.

Usai dari mengunjungi Pabrik Minyak Kayu Putih dan Gondorukem di Kawasan Perhutani Sukun, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pulung, Sartono juga menemui warga Desa Babadan, Kecamatan Babadan dan menyerahkan bantuan renovasi masjid Al Muhyidin yang diterima Ta’mir, Santoso. “DPP Partai Demokrat siap turun gunung dalam semua Pilkada termasuk Pilkada Ponorogo demi kemenangan kandidat dari Demokrat,” terangnya.

Secara terpisah Ketua DPC Partai Demokrat Ponorogo, H. Miseri Efendy menjelaskan bahwa pihaknya akan patuh dan taat kepada keputusan Ketua Umum Partai (SBY). “Kami luruskan mas, Demokrat masih lakukan survei per April hingga Mei ini, tentu siapa yang popularitasnya tinggi dan elektabilitasnya tinggi serta kesiapan finansial akan direkom oleh DPP Partai Demokrat atas usul DPC Partai Demokrat Ponorogo via DPD Jatim,” tukas Miseri.


Disadur dari : KabarIndonesia

Comments