Pakai Kostum Khas Pedagang Pasar Songgolangit Mengikuti Upacara HUT RI ke-70

Unik. Pedagang Pasar Songgo Langit memakai Kostum khas ponorogo dalam upacara peringatan HUT RI ke-70
PONOROGO : Ratusan pedagang pedagang Pasar Songgolangit Ponorogo menggelar upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70 di halaman parkir pasar Songgolangit Selatan(pasar lanang).

Sebelum digelarnya upacara, diawali dengan prosesi dengan membuang sesaji ke empat penjuru berlangsungnya upacara.

Dalam upacara tersebut semua peserta sampai pada petugas upacara mengenakan pakaian khas Ponorogoan, yang juga diikuti dengan penampilan group Reyog Ponorogo. “Ini istimewa buat para pedagang pasar Songgolangit, ini tetap semangat dan optimis banget,” ucap Irianto, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Songgolangit, Senin (17/8/2015).

Dengan mengenakan pakaian ala Ponoragan, Irianto berharap ingin menunjukan bahwa dengan semangat Ponorogo dan para waroknya bisa memberikan penyemangat bagi para pedagang.

Iriyanto yang juga menjadi inspektur upacara dalam pengibaran bendera merah putih tersebut, juga mengkritisi para pejabat. Dirinya berharap adanya perhatian tidak hanya pada fisik bangunan pasar, akan tetapi juga penataan pasar sehingga para pedagangnya.

“Saya gabungkan seni Ponorogo ini dengan budaya dengan acara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ini karena rasa nasionalisme rakyat sekarang telah pudar, dalam kemasan ini supaya tampil beda,” ucap Tyas Gunarto ketua panitia. (teg)

Sumber : Lensaindonesia

Comments