Ponorogo Prestasi Siaga 2015


Peringati hari jadi pramuka ke-54, Kwartir Cabang(Kwarcab) Ponorogo gelar Prestasi Siaga Tahun 2015 di Taman Kota Ponorogo, dengan mengusung sebuah tema “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam pembentukan Karakter Muda”, Sabtu(08/08).

Tampak hadir menjadi undangan pada ceremonial pembuka, Kakak Andalan Kwarcab, Ketua Kwarran se-Kabupaten Ponorogo, Pembina Pendamping, peserta Prestasi Siaga serta tamu undangan penting lainnya.

Kegiatan ini berlangsung sebagai upaya Kwarcab Pramuka Ponorogo dalam meningkatkan mutu para Anggota Pramuka Siaga.

“Dalam rangka mengetahui pembinaan pramuka siaga, maka diselenggarakan kegiatan yang menarik menantang dan mengandung pendidikan dalam bentuk lomba yang disebut Prestasi Siaga. Sehingga upaya kita lakukan dengan meningkatkan frekuensi pertemuan baik di pangkalan maupun di jajaran kwartirnya, diantaranya dengan digelarnya prestasi siaga tahun 2015 ini,” terang Hj. Wiji Astuti, Ketua Panitia

Antusiasme sangat dirasakan dari peserta utusan Kwaran se-Kabupaten Ponorogo. Hal demikian bisa dilihat dari tingginya jumlah peserta dalam even ini.

“Sedikitnya 18 Barung (Regu), dengan setiap barung-nya terdiri dari 9 Anak Siaga,” terangnya.

Materi perlombaan Prestasi Siaga tahun ini dirancang sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu memupuk bakat dan minat serta keterampilan peserta pramuka siaga sesuai dengan golongan usianya. Macam perlombaan diantaranya; upacara pembukaan latihan siaga (UPLAS), halang rintang I dan II, KIM, spider transportaion game, mata angin, seni budaya, flowing ball game, sms/ IT, mengenal negara tetangga, karnaval, menyanyi lagu wajib dan lomba doa.

Sementara itu, Dr. H. Sumani, M.Pd., Sekretaris Kwartir Cabang Ponorogo berkesempatan membuka secara resmi rangkaian kegiatan Prestasi Siaga. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan prestasi siaga ini bukan untuk saling menang-menangan tetapi untuk lebih memupuk rasa persatuan dan kesatuan.

“Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan dapat membentuk jiwa mandiri, bijaksana dan sukses di masa yang akan datang,” harapnya.

Lebih lanjut, pihaknya berpesan kepada para anggota pramuka dalam kontingen yang akan mengikuti Lomba kepramukaan di Pasuruan, untuk melakukan yang terbaik bagi Ponorogo.

“Bawa nama baik ponorogo dan semoga prestasi tertinggi bisa kalian raih sehingga tiket rekreasi ke Amerika bisa kalian dapatkan,” tutupnya.(teg)

Sumber: kanalponorogo.com

Comments